Loading

Manfaat Daun Kelor

Nur Aisyah | Tuesday, December 17, 2013 | Be the first to comment!
Salah satu bahan masakan yang sering dimasak di rumahku adalah daun kelor. Ternyata daun kelor memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat loh...




Tanaman Kelor memang benar-benar mengejutkan belakangan ini. Tampaknya, apa yang orang katakan tentang pohon ini begitu menakjubkan dan sulit untuk dipercaya. Coba saja googling dengan kata kunci Kelor atau Moringa, beberapa website mengungkapkan manfaat dan khasiat Kelor ini yang lagi-lagi sulit untuk percaya sepenuhnya. Bahkan, sebagian ada yang menyatakan bahwa kelor dapat menghentikan kelaparan dunia.

Sementara website lain menyebutkan bahwa Kelor dapat melindungi kita dari ancaman lebih dari 300 penyakit. Apa sesungguhnya yang membuat Kelor dipandang sebagai Pohon Ajaib ?

Hal yang paling utama adalah Kelor ini mengandung begitu banyak nutrisi yang luar biasa. Faktanya memang demikian, misalnya saja dalam berat yang sama daun Kelor mengandung lebih banyak protein dan kalsium dari segelas susu. Itulah mengapa Kelor menjadi begitu penting bagi banyak orang dan layak untuk dipromosikan manfaat dan khasiatnya. Cara terbaik dan paling populer untuk mengambil manfaat dan khasiat Kelor bagi kesehatan adalah diminum sebagai Teh Daun Kelor.

Makan dan minum Kelor dapat membantu mereka memerangi gangguan pencernaan, mual, diare, mengatasi infeksi dan penyakit tertentu. Mereka juga menggunakan teh untuk menangkal sejumlah penyakit yang berbeda. Teh Kelor juga bagus untuk membantu orang melawan obesitas, karena begitu penuh nutrisi. Teh Kelor memiliki begitu banyak kegunaan dan minum Teh Kelor setiap hari sangat efektif untuk pencegahan dan agar tubuh tetap sehat.

Faktanya tidak ada teh lain di dunia ini yang memiliki kelengkapan khasiat seperti Teh Kelor. Teh Kelor memiliki begitu banyak efek menguntungkan yang berbeda yang benar-benar tampak seperti zat ajaib. Bagi sebagian orang, Teh Kelor memang benar-benar bisa menjadi sebuah keajaiban.

Teh Kelor meningkatkan energi secara alami dan merupakan sumber nutrisi yang luar biasa. Meningkatnya energi setelah meminum Teh Kelor tidak terjadi karena gula, sehingga berlangsung untuk waktu yang lama. Orang-orang yang meminum Teh Kelor setiap hari mengaku bahwa luka inpeksi mereka sembuh, membatasi pertumbuhan tumor, ada pengurangan rasa sakit karena radang sendi, tekanan darah terkontrol, mengembalikan keremajaan kulit dan akhirnya mereka memiliki pertahanan yang lebih kuat terhadap penyakit.

Khasiat lain yang dimiliki Teh Kelor adalah kemampuannya untuk menenangkan sistem syarat pada otak karena mengandung GABA yang bersifat neorotransmiter, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur. Teh kelor pun memiliki efek detoksifikasi yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

Berikut adalah manfaat dari makan dan minum Kelor setiap hari :


  • Meningkatkan Pertahanan Alami tubuh.
  • Menyediakan nutrisi untuk mata dan otak.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh dengan kandungan bahan alaminya.
  • Mendorong perbaikan struktur sel dalam tubuh.
  • Meningkatkan serum alami kolesterol.
  • Menghilangkan munculnya keriput dan garis-garis halus di permukaan wajah.
  • Meningkatkan dan menormalisasi fungsi hati dan ginjal.
  • Memperindah kulit.
  • Meningkatkan energi non gula.
  • Meningkatkan pencernaan.
  • Bertindak sebagai antioksidan.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan sistem peredaran darah yang sehat.
  • Anti-inflamasi alami.
  • Secara umum memberikan perasaan sehat dan bugar.
  • Menstabilkan kadar gula normal dalam tubuh.
  • Menimbulkan perasaan sehat, bugar dan berenergi.


Sumber: http//daunkelor.com
Sumber image: http://indrashare.com


Read More

Sunshine Award - Lemparan Cinta Antar Blog

Nur Aisyah | Friday, October 04, 2013 | 4 Comments so far

Siapa yang tidak mengenal sosok Mbak Lala (Mira Julia) dari Rumah Inspirasi, salah satu blogger Indonesia yang blognya sangat menginspirasi banyak orang dan banyak keluarga? Sesuai banget ya dengan nama blognya. Blog Rumah Inspirasi juga berisi segudang materi-materi belajar anak yang sangat menarik dan sangat banyak peminat dan pengunjungnya. Salah satunya termasuk diriku.

Rumah Inspirasi adalah blog milik keluarga Mbak Lala yang cukup spesial buatku karena aku mengikuti proses lahir dan perkembangan blog itu sampai sekarang. Sebagai sesama keluarga yang mengajarkan anaknya secara mandiri, maka aku cukup terinspirasi dengan apa-apa yang disajikan di dalam blog tersebut. Kini aku dan suamiku sedang berupaya mengikuti jejaknya mendokumentasi tumbuh kembang anak-anakku di dalam blog keluarga agar setiap momen yang berharga dapat tercatat sebagai kenangan indah yang tak akan terjadi lagi.

Salah satu yang sangat aku kagumi dari Mbak Lala adalah energinya yang rasanya tak ada habis-habisnya. Ide-ide dan kreativitasnya, seolah-olah otaknya tak pernah beristirahat. He he he
Aku bersyukur karena lewat Mbak Lala  pula aku bisa belajar membuat blog, padahal dulu tak pernah ada dalam lintasan pikiranku bahwa aku bisa bikin blog secantik ini.  Sekali lagi terima kasih, ya Mbak ... :)

Makanya, kemarin senang banget dapat lemparan cinta darinya. Rasanya nggak percaya Mbak Lala mengingat dan mencolek diriku, he he he ... terharu ^^-

Semoga Mbak Lala dan keluarga selalu sukses dan blognya semakin banyak menginspirasi banyak orang. Terima kasih ya Mbak Lala, karena aku sudah masuk dalam nominasi. Dan aku pun akan melanjutkan lemparan cinta ini kepada teman-teman bloggerku yang lain.

Lemparan cinta ini namanya The Sunshine Award. Jadi buat yang nanti aku colek,

Ini Cara Bermainnya:
  • Memperkenalkan blogger yang sudah memberimu Sunshine Award
  • Bagikan 11 fakta acak tentang dirimu
  • Jawab 11 pertanyaan yang diberikan oleh blogger yang memberimu Sunshine Award
  • Lanjutkan Sunshine Award ini ke blogger yang anda percaya pantas mendapat pengakuan dan lemparan cinta dari sesama blogger
  • Tuliskan 11 pertanyaan untuk blogger yang Anda nominasikan dan biarkan blogger lain tahu kalau Anda telah menominasikan mereka. Anda tak bisa menominasikan blogger yang sudah menominasikan Anda.

11 fakta acak tentang diriku:
  1. Aku suka banget merangkai bunga, baik kering maupun segar, dan membuatnya menjadi hiasan-hiasan yang indah. Bukan untuk dijual, tapi untuk kesenangan sendiri.
  2. Kalau orang lain susah banget ngurusin badan sampai harus diet, aku sebaliknya, susah banget naikin berat badan. Bahkan sekarang berat badanku 45 kg, padahal sudah punya anak dua. Tapi sekarang lagi nyoba makan banyak sih :)
  3. Aku orangnya tidak bisa melihat barang berantakan di depan mata. Bawaannya pengen beres-beres melulu. Soalnya kalau melihat rumah berantakan, jadinya nggak mood he he he 
  4. Aku dilahirkan memiliki rambut keriting, jadi mau tidak mau harus sering sisiran karena malas berantakan. 
  5. Aku itu orangnya tidak suka basa-basi. Kalau lagi tidak suka sama sebuah hal, tidak bisa dipendam sendiri. Maunya dikeluarkan supaya lega, seperti curhat ke suami atau menuangkannya dalam tulisan.  
  6. Dulu waktu kecil, aku sempat tidak suka sayur sop gara-gara baca di koran ada janin bayi yang dibikin sop. Sekarang sudah nggak ada masalah he he he
  7. Aku bukan orang yang suka ngemil. Kadang kalau lagi asyik ngotak-ngatik blog malahan suka lupa isi perut. Untungnya ada suamiku yang baik hati yang selalu mengingatkan :).
  8. Salah satu jajanan yang paling kusukai adalah bakso. Dulu, kalau sudah makan bakso, pasti kuahnya pekat dengan kecap dan saos merahnya itu. Sekarang sih sudah nggak terlalu seperti itu... demi kesehatan :) 
  9. Entah kenapa, aku paling jijik kalau lihat helaian rambut yang rontok. Apalagi kalau ada di dalam makanan, langsung bubar deh selera makanku... xp 
  10. Waktu di kampungku di NTB dahulu, aku pernah punya keinginan memiliki suami bukan orang sekampung karena melihat sebagian kerabatku berjodoh dengan orang yang tinggal nggak jauh-jauh amat dari rumahnya. Dan keinginanku terkabul, dapat suami orang Jakarta :) 
  11. Dari semua varian rasa mi instan jenis goreng, dari berbagai merk mi yang dicoba, selalu akhirnya kembali ke merk itu lagi-itu lagi. (Boleh ditulis nggak ya merknya? Pokoknya yang lagu iklannya pernah diambil untuk kampanyenya Pak SBY di TV deh ... xD ) 


11 Pertanyaan dari Mbak Mira Julia:


  1. Apa mimpi terbesarmu yang belum terwujud? Mengajak suami dan anak-anak pulang kampung ke NTB (Nusa Tenggara Barat) dan mengunjungi pantai-pantai indah yang masih asli yang ada di sana.
  2. Kejadian apa yang paling berkesan untukmuPertemuan dengan ibuku di Jakarta, setelah sekian lama tak pernah bertemu.
  3. Hal apa yang pertama kali kamu lakukan di pagi hari? Berdoa, berharap hari ini berjalan dengan baik. 
  4. Apa makanan kesukaanmu? Aku suka banget sama sayur asem, balado terong, pelecing kangkung, ikan bawal bakar/goreng dengan sambal dan lalapannya.
  5. Apa definisi me time buatmu? Waktu untuk menonton film favorite dan ngeblog.
  6. Adakah anak yang paling mirip denganmu? Kalau ada, mirip apanya? Kata suamiku, mata Olympus anak pertamaku mirip dengan mataku.
  7. Buku/bacaan apa yang paling berkesan untukmu? 'Di Tepi Sungai Piedra, Aku Duduk dan Menangis' karya Paulo Coelho. 'Laskar Pelangi' dan 'Sang Pemimpi' karya Andrea Hirata juga bagus.
  8. Apa quote kesukaanmu? "Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu. Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada." - Sapardi Djoko Damono 
  9. Mengapa memilih mendidik anak sendiri di rumah? Selain merasa tidak sejalan dengan sistem pengajaran di sekolah umum pada saat ini, ingin lebih memfokuskan pada pembentukan akhlak dan budi pekerti melalui kebersamaan kami sehari-hari.  
  10. Materi belajar apa yang paling suka dibahas bersama anak-anak? Untuk saat ini, Olympus mulai belajar berhitung. Salah satunya dengan sarana latihan soal dari IXL.  
  11. Adakah kejadian yang paling berkesan dari rentang  pertemanan kita selama ini? Sebetulnya banyak. Salah satu yang paling berkesan adalah saat Mbak Lala mendampingiku melahirkan Olympus ... ^^-  

11 Orang yang aku nominasikan adalah:
  1. Shinta: Handini: Cerita Dunia Shinta
  2. Anita: Anita Personal Blog
  3. Mita: Rainbow house
  4. Neneng Vany: Wanita Sempurna Pink
  5. Riris: Riris Menulis
  6. Chany: de' sugi
  7. Ina Tanaya: Creative writing
  8. Devi riyanthi: The ist Nome
  9. Sury: Dunia Bunda Sury
  10. Syafrida Ali: Belajar Membuat Blog
  11. Mauizatul Hasanah: Rumah Nuansa

11 Pertanyaan untuk para nominator:
  1. Apa hobi kesukaanmu?
  2. Hewan peliharaan apa yang Anda sukai? 
  3. Apa motivasimu dalam ngeblog?
  4. Apa kesulitanmu dalam belajar membuat blog?
  5. Apa yang Anda lakukan saat dalam keadaan lelah?
  6. Apa yang Anda lakukan saat hari libur/waktu luang bersama anak-anak?
  7. Apa makanan favoritemu?
  8. Apa musik kesukaanmu dan kenapa?
  9. Apa film favoritemu dan kenapa?
  10. Hal apa yang paling Anda syukuri dalam hidup ini?
  11. Hal apa yang ingin Anda lakukan yang belum pernah dilakukan sama sekali selama ini? 

OK, teman-teman. Semoga teman-teman yang menerima colekanku ini berkenan meneruskannya ke 11 orang teman-teman yang lain supaya kita bisa semakin dekat. 

Terima kasih banyak, semuanya. Semoga hari-hari kita penuh keceriaan, bagaikan matahari yang selalu menyinari dunia. Amin :)  


Read More

Merasakan Tidak Enaknya Sakit

Nur Aisyah | Saturday, September 21, 2013 | Be the first to comment!
Sebenarnya pagi ini aku bangun dengan badan yang lumayan sehat, padahal malamnya aku tidak terlalu merasakan nyenyaknya tidur dikarenakan Olympus dan Yanthi sedang sama-sama mengalami batuk kering. Malam tadi pun mereka juga tidak terlalu tidur pulas karena batuknya yang saling sahut-sahutan. Kasihan deh, tidak tega mendengar batuknya.

Dan pagi ini, Oji oleh Ayahnya, diminta mencoba makan obat alami, yaitu kencur dan garam. Karena rasanya sudah beberapa kali minum obat batuk, tapi kok tidak ada perubahan. Awalnya sih Oji menolak, tapi aku dan suamiku berusaha membujuk dan memberi pemahaman tentang manfaat kencur agar Oji cepat pulih dari batuknya. dan supaya Oji bisa cepat main lagi bersama teman-temannya. Maklum beberapa hari ini gara-gara dia batuk, kami memintanya untuk banyak beristirahat. Dan setelah beberapa kali dibujuk, dia akhirnya mau juga. Hi hi hi lucu deh melihat ekspresi pertama kalinya saat dia mencoba yang namanya kencur.

Lain lagi dengan diriku siang hari ini. Setelah selesai makan siang, aku kok tiba-tiba merasa tidak enak badan dan rasanya seperti masuk angin. Pinggangku juga terasa tidak enak. Dan aku sempat menyampaikan kepada suamiku rasanya aku pengen dikerok. Tapi karena suamiku ada urusan yang harus diselesaikan di luar rumah, jadinya tidak bisa memenuhi permintaanku siang ini. Jadilah aku memilih untuk istirahat dan berbaring di sebelah Yanthi yang sedang tertidur pulas. 

Rasanya sih aku sempat terlelap sebentar, terbangun gara-gara pengen ke toilet. Tapi entah kenapa setelah kembali dari toilet, tiba-tiba aku merasa perutku semakin sakit, sempat merasa sangat mual. Saat aku memaksakan untuk muntah, tidak bisa keluar. Setelah itu aku berbaring lagi di tempat tidur dan Yanthi pun ternyata sudah bangun. Untungnya dia bangun tidak dalam keadaan rewel
dan terlihat asyik menonton kartun kesukaannya.

Entah kenapa, aku kok merasa perutku semakin tak jelas rasanya. Aku hanya merasa agak nyaman tertidur dalam keadaan meringkuk, karena ketika kakiku diluruskan, rasanya perutku bertambah sakit sekali. Tiba-tiba, keringat dingin mengguyur seluruh badanku. Rasanya bajuku basah kuyup. Untung ada teman yang datang dan langsung mengerok badanku. Ada juga yang menerapi kepalaku. Pada saat itu, rasanya aku sudah tidak bisa bicara, hanya menikmati rasa kerokan dan pijatan yang lama-lama membuat badanku mulai normal kembali.

Cukup lama aku diterapi dan dipijat dan rasanya sudah jauh lebih enakan dibandingkan dari rasa yang sebelumnya yang sangat tidak enak. Dan setelah itu aku memutuskan untuk tidur dan beristirahat. Setelah bangun tidur, aku mendapati lagi perhatian dari suamiku tercinta yang ternyata pada saat aku sedang tertidur, berdua Yanthi mereka pergi membeli bakso untukku supaya aku bisa selera makan. Dan ternyata sesuai sekali karena aku bisa makan bakso dengan sangat lahap he he he lebay...

Yang membuatku terharu hari ini adalah melihat perhatian anakku Oji (Olympus) yang tidak tega melihatku kesakitan. Dia langsung mengambil selimut kecil miilik Yanthi dan menyelimuti badanku, mengambil minyak kayu putih dalam lemari dan dioleskan ke perut dan kakiku dan membuatkanku teh manis, walaupun tehnya tidak terlalu enak karena campuran gula dan air panasnya yang kurang sesuai. He he he namanya juga anak umur empat tahun, tapi lumayan kan? :)


Read More

Menunaskan Biji Kurma

Nur Aisyah | Friday, September 20, 2013 | 3 Comments so far
Akhir-akhir ini suamiku memiliki sebuah hobi baru yaitu menunaskan biji kurma. Awal mulanya karena melihat seorang teman yang berhasil menunaskan biji kurma di dalam tempat plastik. Cukup banyak persediaan biji kurma di rumah karena pada saat bulan puasa kemarin hampir setiap hari tersedia jus kurma sebagai minuman padat gizi untuk mendukung aktivitas kami sehari-hari. Melihat teman yang berhasil dan ada banyak biji kurma itulah yang membuat suamiku menjadi muncul keinginannya untuk mencoba menunaskannya. Dan ternyata berhasil loh. Caranya pun sangat gampang dan tidak repot, walaupun tidak semua biji yang ditunaskan berhasil tumbuh. Aku senang melihatnya. 


Caranya:
- Rendam biji kurma selama 2 hari dalam sebuah wadah.
- Setelah dua hari, bersihkan selaput-selaput biji kurma hingga benar-benar bersih.
- Siapkan sebuah wadah plastik yang tertutup rapat
- Masukan tissu yang telah dibasahi air ke dalam wadah plastik tersebut. 
- Setelah itu, masukkan biji kurma yang sudah bersih tadi ke dalam wadah plastik.
-  Tutup rapat dan diamkan.

Dari pengamatan suamiku, biasanya biji-biji ini mulai bertunas antara 2-4 minggu. Setelah itu, baru biji-biji kurma bisa dipindah ke dalam pot yang berisi tanah atau bisa juga langsung ke dalam tanah. 


Read More

Belajar Menulis

Nur Aisyah | Friday, September 13, 2013 | 2 Comments so far
Setelah blog Cerita Cahaya selesai, rasanya senang dan lega banget. Hasilnya cukup memuaskan. Pemilihan warna pada blogku kali ini bertemakan hijau. Jarang-jarang biasanya aku memilih nuansa warna hijau. Tapi entah kenapa kali ini lagi pengennya warna-warna yang sejuk dipandang. 

Setelah pekerjaan membuat blog selesai, kini tiba saatnya ingin fokus membuat posting. Nah, masalahnya aku ini orangnya tak terlalu pandai dalam menulis. Padahal rasanya banyak sekali sesuatu yang bisa aku tuangkan di blogku. Khususnya kisah-kisah keseharianku bersama-anak-anak yang selalu memberikan kejutan setiap harinya.

Setiap ada waktu bisa duduk di depan komputer dan pengen menulis posting, selalu bingung rasanya mau menulis apa. Padahal sudah siap di depan layar. Kadang kalau sudah buntu, jadinya postingnya tertunda lagi deh he he he

Padahal suamiku selalu bilang, "Nulis aja, aku suka kok caramu menulis, yang terpenting menjadi diri sendiri dan apa adanya." He he he... dari situ aku jadi mulai percaya diri, walaupun hilang timbul. Dan pikirku, apa salahnya mencoba belajar menulis yang baik. Yang terpenting cara kita menulis jangan dibuat-buat dan tetap menjadi diri sendiri.

Semangat!  :) 





Read More