Loading

Menunaskan Biji Kurma

Nur WAP | Friday, September 20, 2013 |
Akhir-akhir ini suamiku memiliki sebuah hobi baru yaitu menunaskan biji kurma. Awal mulanya karena melihat seorang teman yang berhasil menunaskan biji kurma di dalam tempat plastik. Cukup banyak persediaan biji kurma di rumah karena pada saat bulan puasa kemarin hampir setiap hari tersedia jus kurma sebagai minuman padat gizi untuk mendukung aktivitas kami sehari-hari. Melihat teman yang berhasil dan ada banyak biji kurma itulah yang membuat suamiku menjadi muncul keinginannya untuk mencoba menunaskannya. Dan ternyata berhasil loh. Caranya pun sangat gampang dan tidak repot, walaupun tidak semua biji yang ditunaskan berhasil tumbuh. Aku senang melihatnya. 


Caranya:
- Rendam biji kurma selama 2 hari dalam sebuah wadah.
- Setelah dua hari, bersihkan selaput-selaput biji kurma hingga benar-benar bersih.
- Siapkan sebuah wadah plastik yang tertutup rapat
- Masukan tissu yang telah dibasahi air ke dalam wadah plastik tersebut. 
- Setelah itu, masukkan biji kurma yang sudah bersih tadi ke dalam wadah plastik.
-  Tutup rapat dan diamkan.

Dari pengamatan suamiku, biasanya biji-biji ini mulai bertunas antara 2-4 minggu. Setelah itu, baru biji-biji kurma bisa dipindah ke dalam pot yang berisi tanah atau bisa juga langsung ke dalam tanah. 


3 comments:

  1. bisa hidup nggak ya pas ditanamnya nanti? apa nggak ada pengaruh terhadap kondisi alamnya?

    ReplyDelete
  2. Kata suami saya mbak, (itu juga dari kata temannya), makin cepat ditanam setelah bertunas hasil tumbuhnya lebih baik daripada dibiarkan memanjang kecambahnya dan terlalu lama di dalam tempat plastik.

    ReplyDelete
  3. Allo mbak nur, sedikit sharing nih tentang nanam biji kurma, saya juga nanam biji kurma alhamdullilah tumbuh bessaarrr banget tapi gak ada buahnya gak seperti pohon kurma yang ada di Arab...saya pikir apa mungkin karena iklim nya kita beda dgn di Arab kali ya...
    Mbak, tolong link balik ke website saya ya ...
    www.asibabyshop.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...