Loading

Gejala Anemia

Nur WAP | Thursday, April 04, 2013 |

Akhir-akhir ini aku merasa ada yang tidak beres dengan kesehatanku. Aku mengalami kering pada bibir dan rasa perih yang cukup mengganggu. Dan tak pernah sebelumnya aku mengalami hal yang seperti ini. Nggak enaknya lagi, cukup membuat sulit saat aku makan, terutama saat makan makanan yang pedas dan berbumbu.
Aku pikir aku kekurangan minum air putih, dan tanpa disadari aku mengalami dehidrasi yang cukup berat. Terus aku mulai memperbanyak volume minumku, rasanya sudah melewati 8 gelas sehari dari yang dianjurkan. Walaupun harus mondar-mandir ke kamar mandi untuk buang air kecil, tapi ya aku nikmati aja.

Tak lupa juga aku minum Esquis obat panas dalam yang sejenis Adem Sari. Tapi yang terjadi tidak ada perubahan sama sekali. Malah rasanya makin tambah parah keringnya. Wah, aku mulai semakin bingung, Mau diapakan lagi bibirku ini? Aku sudah mencoba pakai lip gloss, mengolesinya dengan madu. Lumayan sih membuat lebih lembab tapi tidak bertahan lama.
Tiba-tiba terlintas di pikiranku untuk mencari di Google tentang bibir yang kering terus. Dikatakan ada kemungkinan gejala bibir kering pecah-pecah, bisa karena terkena gejala anemia atau diabetes. Rasanya kalau dibetes nggak mungkin deh untuk orang yang seusia aku. Lalu aku mencari artikel tentang anemia. Dan aku mendapatkan banyak sekali artikel tentang itu. Dari artikel yang aku baca, rasanya memang ada kemungkinan aku memang terkena gejala anemia dari beberapa kesamaan ciri-ciri yang aku rasakan. Walaupun tidak semua gejala yang disebutkan aku alami.

Anemia atau disebut juga kurang darah merupakan keadaan dimana sel darah merah atau jumlah haemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. 
Untuk lebih jelasnya, artikel gejala anemia bisa dibaca di sini.
Selama ini aku memang mengalami gejala merasa lemas, tapi aku pikir masuk angin biasa. Jadi aku tidak pernah mau memperturutkannya. Kalau lagi capek ya aku istirahat. Tapi aku tetap melakukan rutinitas seperti biasanya. Apalagi ada Olympus dan Yanthi yang sangat bergantung padaku.

Setelah mengetahui ada kemungkinan aku mengalami gejala anemia, aku langsung memperbanyak asupan makanan yang mengandung zat besi seperti bayam dan kangkung, makan kuning telur, kacang hijau dll. Aku juga minum vitamin penambah darah. Memperbanyak istirahat juga sangat penting. Dan yang lebih penting lagi adalah jangan stres. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...