Loading

Mengeringkan Bunga dengan Cara Dipres

Nur WAP | Thursday, April 18, 2013 | |





Banyak cara untuk mengabadikan keindahan bunga. Salah satunya dengan cara dikeringkan melalui pengepresan. Mengeringkan bunga adalah salah satu hobi dan kebahagiaan untukku. Karena aku adalah orang yang sangat menyukai keindahan dari tiap masing-masing bunga. Selama ini kita banyak melihat dan mungkin memiliki banyak bunga yang bagus dan cantik-cantik di halaman rumah kita, atau melihat di halaman rumah tetangga dan bahkan saat kita jalan-jalan ke toko bunga. Tapi kita bingung bagaimana cara mengeringkannya supaya awet dan tetap cantik.

Alat untuk mengeringkannya sebenarnya tidak sulit didapat karena hanya membutuhkan sebuah buku tebal dan tisu. Biasanya sih kalau aku sendiri sering menggunakan buku telepon karena daya serapnya bagus dan hasil bunganya tidak keriting. Tapi kalau tidak memiliki buku telepon di rumah, buku biasa juga bisa, yang penting tebal. Setelah itu letakkan tisu pada setiap lembar buku dan letakkan bunga-bunga yang mau dipres di atas tisu dengan jarak bunga tidak terlalu berdempetan, lalu tutup dengan tisu lagi. Setelah itu tutup dengan lembar buku lagi lalu seterusnya, tergantung jumlah banyak bunga yang mau kita pres.

Dulu biasanya kalau sedang jalan-jalan atau kalau aku sedang berada di suatu tempat, mataku pasti selalu melihat ke sana kemari memperhatikan sekitarku apakah ada bunga yang bisa dikeringkan. Karena tidak semua bunga bisa dikeringkan dengan cara dipres.

Cara pengepresannya pun agak susah-susah gampang, karena kita memang mengandalkan panas dari sinar matahari. Tentunya kalau musim hujan, pengeringan bunga tidak bisa dilakukan dengan baik. Karena kalau panasnya kurang, semua bunga bisa berwarna kecoklatan. Sedangkan kalau panasnya bagus, kita bisa mendapatkan hasil bunga-bunga yang keren sesuai dengan warna aslinya. Kalau jenis bunga yang tipis, mungkin membutuhkan panas matahari sekitar 3-4 hari.

Dari hasil bunga yang sudah kita keringkan tadi, kita bisa membuat aneka prakarya yang cantik-cantik. Salah satunya seperti membuat jam dinding sendiri yang berhiaskan bunga-bunga kering, kartu-kartu ucapan, frame untuk hiasan dinding, pembatas buku dan lukisan-lukisan dari bunga kering.






3 comments:

  1. Mba nur, itu bunga-bunga di jemur setelah di press di buku berapa lama? trus di jemur di matahari nya langsung gt? biasanya mba nur pake wadah apa? tertarik pengen nyoba deh :p

    ReplyDelete
  2. Silakan mbak coba-coba aja dulu. Setiap bunga dan daun beda-beda. Tergantung pada ketebalan serta jenis bunganya. Dan tergantung panas mataharinya juga. Ia dijemur langsung dibawah sinar matahari. Wadanya biasanya buku telpon bekas, kalau nggak ada bisa juga buku tebal lainnya.

    ReplyDelete
  3. Mbak mau tanya, kalo bunga yang sudah di keringkan terus dipakein bingkai kaca itu nanti bisa jamuran ga ya? Kalo bisa cara nanganinnya gimana?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...